Responsive Ads Here

Kamis, 04 Januari 2018

Apakah kita termasuk orang bermental kuat...??? inilah ciri-cirinya


Dalam menjalani hidup pasti akan terjadi hal-hal diluar keinginan kita, namun hal itu jangan sampai membuat kita menjadi putus asa. Hanya orang-orang yang bermental kuat yang akan terus maju mencapai tujuan hidupnya. Hanya orang-orang yang bermental kuat saja yang akan sukses, bermanfaat, dan bisa mengubah dunia menjadi lebih baik. Menurut Amy Morin, ada beberapa ciri orang yang mempunyai mental yang kuat, yaitu:

1. Orang bermental kuat tidak mengasihani diri sendiri
Alih-alih meratapi dan mengasihani diri sendiri, orang yang bermental kuat tidak akan larut dalam kesedihan dan penderitaan. Mereka mensyukuri atas apa yang mereka punya kemudian tetap berfikiran dan bertindak proaktif secara positif untuk kehidupannya.

2. Orang bermental kuat tidak khawatir akan hal yang diluar kendalinya
Tetap melakukan yang terbaik untuk hal yang bisa mereka kendalikan, tanpa takut terhadap hal yang tidak bisa mereka kendalikan. Maksudnya adalah, mereka tidak fokus terhadap faktor eksternal, namun fokus terhadap faktor internal mereka.

3. Orang bermental kuat tidak takut akan perubahan
Mengharapkan hasil yang lebih baik namun tetap melakukan hal seperti biasanya adalah kebodohan. Setiap orang harus berubah untuk terus tumbuh dan menjadi lebih baik lagi, hal ini merupakan keniscayaan. Ada beberapa tahap yang harus dilalui agar perubahan tersebut efektif, yaitu pra-kontemplasi, kontemplasi, persiapan, tindakan, dan pemeliharaan.

4. Orang bermental kuat tidak takut mengambil resiko yang terukur
Keberanian mengambil resiko adalah hal yang baik, asal resiko itu terukur dan bisa diantisipasi. Pengambilan resiko yang sembrono tanpa ada dasar yang jelas bukanlah ciri orang yang bermental kuat. Mereka menghabiskan waktu untuk menimbang resiko dan manfaat sebelum mengambil keputusan.

5. Orang bermental kuat tidak perlu untuk menyenangkan semua orang
Adalah hal yang wajar apabila ada yang pro dan kontra terhadap keputusan yang kita ambil, orang yang bermental kuat tidak khawatir ada orang yang tidak suka padanya gara-gara keputusan yang mereka ambil, selama keputusan itu lebih banyak manfaatnya bagi dirinya dan lingkungan sekitarnya.

6. Orang bermental kuat tidak terpaku akan masa lalu
Meratapi masa lalu, berandai-andai bisa merubah keputusan yang telah dibuat adalah ciri orang yang bermental lemah. Move on, jalani hari ini sebaik mungkin, prepare untuk hari esok yang lebih baik adalah hal logis terbaik yang bisa kita lakukan.

7. Orang bermental kuat tidak akan mengabaikan kesalahan yang diperbuat
Mengakui dan bertanggung jawab atas kesalahan yang memang kita buat kemudian mempelajari apa yang salah, apa yang bisa kita lakukan dengan lebih baik, dan bagaimana melakukannya di kesempatan lain, itulah orang yang bermental kuat. Tidak pernah cari alasan atau pembelaan diri secara berlebihan.

8. Orang bermental kuat tidak akan menyerah terhadap kegagalan
Semua keberhasilan pasti ada tahapnya, sangat jarang sekali sukses engan instant. Setiap kegagalan yang terjadi menjadikan motivasi untuk berbuat lebih baik lagi. Thomas Alfa Edison, gagal 9998 kali sebelum menemukan lampu pijar. Untung dia merupakan orang yang bermental kuat, sehingga dunia sekarang bisa merasakan manfaat atas temuannya yang sangat luar biasa itu.

9. Orang bermental kuat tidak takut dalam kesendirian
Tidak tergantung kepada orang lain adalah salah satu ciri berikutnya dari orang yang mempunyai mental kuat. Mereka adalah mahluk social yang memang butuh orang lain, namun itu tidak menjadikan dirinya lemah dengan bergantung kepada orang lain, tidak juga menjadikannya egois dengan tidak memikirkan orang lain. Namun terkadang ada saat kita hanya tergantung kepada diri kita dalam menghadapi berbagai situasi, dan orang yang bermental kuat dapat melaluinya dengan baik.

10. Orang bermental kuat tidak mengharapkan hasil yang instan
Mereka tahu, bahwa perubahan yang efektif dan bertahan lama memerlukan waktu dan proses. Mereka sabar, cepat namun tidak tergesa-gesa, dan sangat memperhitungkan resiko sebelum mengambil keputusan. Terkadang serba instan itu baik, namun efeknya hanya jangka pendek dan masih menyisakan masalah untuk jangka panjang.

11. Orang bermental kuat tidak merasa dunia berhutang kepadanya
Mereka terlahir dengan mentalitas yang beranggapan bahwa orang lain tidak perlu membantu dirinya dalam segala hal, karena orang lain memang tidak berhutang apa-apa kepadanya. Mereka tidak pernah berharap dibantu orang lain, dan akan berterima kasih kalau memang ada yang bisa membantunya.

12. Orang bermental kuat tidak pernah iri dengan keberhasilan orang lain
Mereka menghargai dan merayakan keberhasilan orang lain dalam hidup. Mereka tidak cemburu atau merasa dicurangi ketika orang lain mengungguli mereka karena tahu bahwa keberhasilan datang dengan kerja keras, dan mereka bersedia bekerja keras untuk meraih suksesnya sendiri.

13. Orang bermental kuat tidak memberikan kekuasaan atas diri mereka kepada orang lain
Mereka proaktif dan tidak membiarkan orang lain mengendalikan hidupnya, apalagi sampai keluar dari tujuan hidupnya. Mereka mempunyai tujuan hidup yang jelas dan tahu benar apa yang harus mereka lakukan. Walaupun begitu, semua saran dan kritik dari juga tetap menjadi pertimbangan.

Semoga kita bisa belajar menjadi manusia yang memiliki mental yang kuat sehingga bisa mencapai semua mimpi dan tujuan hidup kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar