Responsive Ads Here

Kamis, 04 Januari 2018

Cara meningkatkan kepercayaan diri

Salah satu faktor penting dalam kehidupan manusia adalah percaya diri, bahkan hampir semua orang yang kita anggap sukses pasti mempunyai rasa percaya diri yang tinggi. Bill Gates, Steve Jobs, Jack Ma, Elon Musk, dan lain sebagainya adalah orang yang percaya diri.

Menurut saya ada beberapa cara agar kita selalu percaya diri

1. Selalu yakin kepada Tuhan
Sepakati dahulu bahwa semua yang di langit dan di bumi adalah ciptaan Tuhan, semua diatur Tuhan sebagai pemiliknya. Setelah kita yakin atau beriman, maka tidak ada lagi alasan untuk tidak percaya diri (minder, takut, dsb), sebab orang lain yang kita anggap ”lebih” dari kita sebenarnya sedang menjalani takdir yang ditetapkan Tuhan, bukan semata-mata hanya hasil usaha dirinya saja. Sehingga kita akan memperlakukan semua orang dengan rasa hormat tanpa membeda-bedakan berdasarkan keadaannya.

2. Selalu berdoa
Dengan berdoa kita akan yakin segala sesuatu akan diatur Tuhan sebaik mungkin untuk diri kita. Tidak akan ada lagi rasa takut salah, takut malu, takut gagal, takut tidak bisa dalam mengambil suatu kesempatan dan keputusan. Kalaupun hasilnya tidak sesuai keinginan maka tetap berpikiran bahwa memang itu adalah yang terbaik menurut Tuhan. Tetap tenang, Tuhan tidak akan jahat terhadap hambanya.

3. Selalu meningkatkan kemampuan diri
Belajar itu wajib dan tidak ada kata berakhir, setiap manusia harus selalu belajar sampai akhir hayatnya. Perbanyak membaca, silaturahmi, diskusi, perluas pergaulan, tambah wawasan tentang apapun yang pastinya akan berguna dikehidupan kita. Dengan begitu kita akan selalu siap dan mantap dalam menghadapi apapun dan siapapun, sehingga kesempatan atau ujian dalam hidup kita tidak akan terlewatkan dengan sia-sia sedikitpun.

4. Selalu menjaga sikap dan penampilan
Ada anekdot orang Bandung,”Nu penting mah gaya…!!!” Terlepas dari benar atau tidaknya, mari kita ambil positifnya saja. Cara berpakaian yang baik dan gestur tubuh yang baik akan membuat kita merasa nyaman dan orang lain pun akan merasa nyaman terhadap kita sehingga komunikasipun akan lancar. Usahakanlah untuk selalu berpakaian rapi, pas, dan pantas sesuai dengan keadaan lingkungan. Berjalan agak cepat (tapi tidak terburu-buru), tegap, dengan kepala tegak akan memperlihatkan rasa percaya diri tinggi dibandingkan dengan berjalan loyo, bungkuk, dan tertunduk. Biasakan pula duduk dengan tegak, akan memperlancar pernafasan dan pastinya makin banyak oksigen ke otak maka tubuh kita makin segar dan bersemangat. Berbicara pun harus selalu jelas dengan nada dan intonasi yang baik, pastikan lawan bicara dapat mendengarnya dengan sempurna. Selalu memakai wewangian yang cukup serta senyuman akan menambah rasa percaya diri kita.


Semoga berguna dan bisa membuat kita selalu percaya diri kapanpun dan dimanapun. aamiin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar